Love Yourself

Seperti yang kita ketahui, pada Sidang Umum PBB ke-73 yang dilaksanakn di New York, 24 September 2018, BTS memberikan sebuah pidato yang berdurasi 6 menit. Pidato tersebut dibacakan oleh Kim Namjoon atau RM yang merupakan Leader dari BTS.

Memang bukanlah sebuah pidato yang panjang. Namun, setiap kata dalam pidato tersebut cukup memberikan kesan yang begitu mendalam di hati.

Bagian yang saya ingin bahas di sini adalah ketika Namjoon bercerita tentang masa kecilnya. Dimana dia bercerita bahwa, waktu kecil dia ingin menjadi seorang pahlawan super yang menyelamatkan dunia. Namun, pada umurnya yang ke-9 atau 10 ia mulai ragu akan dirinya sendiri. Dia mulai terpengaruh pandangan orang lain terhadap dirinya. Sehingga ia kehilangan jati dirinya. Namun, pada akhirnya ia bisa bangkit kembali, Move On dari segala pandangan orang terhadap dirinya. Dengan mimpinya, yaitu musik.

Kehilangan jati diri merupakan masalah besar dalam hidup. Ya, betapa besarnya pengaruh orang-orang terhadap pembentukan jati diri kita. Namun, balik lagi dalam segi pandang kita sendiri. Kita yang memahami diri kita sendiri, yang tahu bagaimana diri kita, yang tahu apa kelebihan dan kekurangan kita sendiri.

Menemukan jati diri bukanlah hal yang mudah memang. Namun, jika kamu tak acuh terhadap diri kamu sendiri jangan harap kamu bermimpi menjadi orang sukses. Jika kamu tak percaya pada diri sendiri, jika kamu hanya peduli dengan perkataan orang lain, JANGAN HARAP KAMU AKAN BERHASIL.

Orang yang sukses adalah orang yang mampu menemukan jati dirinya, tanpa memikirkan pandangan orang lain. Dan mencintai segala kelebihannya, dan mau memperbaiki segala kekurangannya.

Ketika kamu memiliki sebuah kelebihan, jangan sungkan untuk mengembangkannya. Jangan ragu untuk meraih sukses dengannya. Jangan pernah sedetikpun kamu peduli dengan pandangan orang lain yang menganggapmu remeh.

Pesan saya hanya satu, "Find yourself and then love yourself."


Bogor, 25 September 2018

Ditulis oleh : XaveriusZ16

*If you wanna see more about a poem, quotes, or my writing you can follow IG : @XaveriusZ16

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Zona Nyaman